Jerawat atau Acne. Siapa sih yang gak sebel kalau jerawatan? selain karena pola hidup yang tidak sehat, jerawat juga biasanya muncul karena hormon (biasanya pada saat datang bulan), dan bisa juga muncul jika kamu malas membersihkan dan merawat wajah. Yuk kita bahas sama-sama bagaimana mengatasi jerawat, dan kenali jenis jerawat di wajahmu.

Pengertian Jerawat

Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih. Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil (yang terkadang berisi nanah) di atas kulit. Gangguan kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung.

Penyebab Jerawat

Beberapa kondisi penyebab jerawat, antara lain:

  • Produksi sebum berlebih, yaitu zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering.
  • Sumbatan pada folikel rambut oleh campuran sel kulit mati dan sebum.
  • Bakteri jenis Propionibacterium acnes yang berkembang, menyumbat folikel rambut, serta menyebabkan peradangan.
  • Faktor genetik atau keturunan, jika salah satu orangtua memiliki masalah jerawat,
  • Folikel yang tersumbat bisa membengkak dan membentuk komedo putih atau komedo hitam bila terpapar dengan dunia luar. Kondisi tersebut sebaiknya jangan dianggap remeh, karena bisa berkembang menjadi pustula, papula, nodul, atau bahkan kista, apabila terkontaminasi oleh bakteri kulit.
  • Hormon, yaitu saat aktivitas hormon androgen berlebih atau saat terjadi perubahan hormon saat masa menstruasi.
  • Penggunaan kosmetik yang tidak selalu dapat ditoleransi oleh kulit setiap orang.
  • Stres yang dapat memengaruhi gaya hidup seseorang, termasuk dalam pola makan yang dapat memicu jerawat.

Beberapa Jenis Jerawat :

1. Whitehead

whitehead adalah jenis jerawat yang mudah dikenal. Jerawat jenis ini terjadi ketika lapisan tipis kulit menutupi pori-pori dengan sel kulit mati atau kotoran, menciptakan gumpalan bulat putih pada kulit. Jerawat jenis ini dapat disebabkan oleh berbagai jenis faktor. Namun, yang paling umum disebabkan oleh minyak, sel kulit mati, dan perubahan hormonal.

2. Blackhead

Sama seperti whitehead, komedo disebabkan oleh pori-pori tersumbat dan produksi minyak berlebih karena perubahan hormon. Dia mengatakan whitehead terjadi karena pori-pori tertutup lapisan kulit sehingga menimbulkan komedo yang dibiarkan terbuka dan terkena udara. Inilah yang membuatnya berwarna gelap. Untuk mengatasinya, kita bisa melakukan ekstraksi demi menghilangkan komedo yang menyumbat pori-pori.

3. Jerawat di zona T

Salah satu jenis jerawat yang lebih umum dan cenderung muncul di dahi, hidung, dagu dalam formasi bentuk T. Jerawat ini biasanya disebabkan oleh polusi dan seringkali menghasilkan jerawat merah dan whitehead.

4. Pustula

Pustula adalah benjolan yang berisi cairan atau nanah pada kulit yang merupakan hasil dari infeksi bakteri di pori-pori Menurut Schelessinger, tingkat keparahan jerawat pustula sangat bervariasi. Variasi tersebut tergantung pada berapa banyak dan seberapa cepat jerawat terbentuk.

5. Papula

Papula biasanya muncul dalam bentuk benjolan kecil berwarna merah pada kulit. Benjolan ini biasanya berkelompok dan bisa sangat menyakitkan.

Menyembuhkan Jerawat dengan Rangkaian Monskin Acne Care

Rangkaian Monskin Acne Care

Paket Acne Care Series adalah serangkaian produk khusus untuk wajah yang berjerawat aktif atau bruntusan. Rangkaian produk ini cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat.

Rangkaian Monskin Acne Care paket starter :

  • Facial Wash for Oily & Acne Prone Skin
  • Micellar Water
  • Whitening Night Cream for Oily & Acne Prone Skin
  • Daily Day Cream with Sunscreen (SPF 35) for Oily & Acne Prone Skin
  • Acne Care Cream
  • Post Acne Lightening Serum

Cara Penggunaan Khusus :

  • Acne Care Cream digunakan hanya pada spot jerawat yang sedang aktif saja (tidak digunakan diseluruh wajah). Pada saat menggunakan Acne Care Cream tidak dianjurkan menggunakan serum apapun sebelumnya, cukup setelah mencuci wajah dengan Facial Wash, keringkan wajah dan gunakan Acne Care Cream pada spot jerawat.
  • Post Acne Lightening Serum digunakan apabila jerawat sudah mengempes dan mengering, serum ini berfungsi untuk menghilangkan bekas hitam karena jerawat dan mencerahkan kulit wajah. Karena kulit yang cenderung berjerawat biasanya cenderung kusam dan berminyak.

Follow Instagram Monskin untuk lihat update promo terbaru www.instagram.com/monskinofficial

Leave a Reply

Your email address will not be published.